laman

Wednesday, December 28, 2011

Flora dan Fauna Langka di Indonesia


1. Anoa
Anoa dataran rendah
Anoa dataran rendahAnoa adalah hewan khas Sulawesi. Ada dua spesies anoa yaitu: Anoa Pegunungan(Bubalus quarlesi) dan Anoa Dataran Rendah (Bubalus depressicornis). Keduanya tinggal dalam hutan yang tidak dijamah manusia. Penampilan mereka mirip denganrusa dan memiliki berat 150-300 kg. Anak anoa akan dilahirkan sekali setahun.
Kedua spesies tersebut dapat ditemukan di SulawesiIndonesia. Sejak tahun 1960-an berada dalam status terancam punah. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering diburu untuk diambil kulitnya, tanduknya dan dagingnya.

Anoa Pegunungan juga dikenal dengan nama Mountain Anoa, Anoa de Montana, Anoa de Quarle, Anoa des Montagnes, dan Quarle’s Anoa. Sedangkan Anoa Dataran Rendah juga dikenal dengan nama Lowland Anoa, Anoa de Ilanura, atau Anoa des Plaines.
2. Harimau sumatera
harimau sumatera
harimau sumatera
Harimau Sumatera mempunyai warna paling gelap antara semua sub-spesies harimau. Jalur hitamnya lebar dan dekat-dekat dan kadang kala berganda. Harimau Sumatera berbeza dengan harimau Siberian oleh kaki hadapan yang berbelang. Harimau Sumatera merupakan harimau terkecil dalam sub-spesies harimau. Harimau Sumatera jantan mempunyai panjang purata 2.4 meter (8 kaki) dari kepala hingga ke hujung ekor dengan berat purata 120 kilogram (264 paun) dengan ketinggian 90 sentimeter. Harimau Sumatera betina pula berukuran 2.2 meter (7 kaki) panjang dengan berat 900 (198 paun).
3. Kasuari
kasuari
kasuari
Kasuari Gelambir-ganda atau dalam nama ilmiahnya Casuarius casuarius adalah salah satu burung dari tiga spesies Kasuari. Burung dewasa berukuran besar, dengan ketinggian mencapai 170cm, dan memiliki bulu berwarna hitam yang keras dan kaku. Kulit lehernya berwarna biru dan terdapat dua buah gelambir berwarna merah pada lehernya. Di atas kepalanya terdapat tanduk yang tinggi berwarna kecoklatan. Burung betina serupa dengan burung jantan, dan biasanya berukuran lebih besar dan lebih dominan.
Burung Kasuari mempunyai kaki yang besar dan kuat dengan tiga buah jari pada masing-masing kakinya. Jari-jari kaki burung ini sangat berbahaya karena diperlengkapi dengan cakar yang sangat tajam. Seperti umumnya spesies burung-burung yang berukuran besar, burung Kasuari Gelambir-ganda tidak dapat terbang.
4. Orang utan
orang utan
orang utan
Juga BanYak tanaman indah dan aneh di Indonesia ini….
Contohnya:
1. Ada lantana anggrek hitam
lantana anggrek hitam
lantana anggrek hitam
Deskripsi :Lantana Anggrek hitam (Coelogyne pandurata) yang dahulu dengan mudah ditemukan dipadang pasir Kersik Luway di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. Spesies langka anggrek ini hanya tumbuh di padang pasir Kersik Luway. Jika sedang musim berbunga, anggrek hitam itu mekar indah dan membentuk padang anggrek yang sangat luas. Namun, kini semakin sulit menemukan anggrek hitam, bahkan saat musim berbunga sekalipun. Anggrek hitam , diperkirakan hanya tinggal sedikit sejalan dengan kehancuran Cagar Alam Kersik Luway yang jumlah lahan anggreknya menyusut drastis dari 5.000 hektar menjadi hanya tinggal 500 hektar, dan dalam lima tahun terakhir menyusut lagi menjadi tinggal 50 hektar.
2 Ada Anggrek bulan

Karakteristik tanaman

Anggrek bulan termasuk dalam tanaman anggrek monopodial yang menyukai sedikit cahaya matahari sebagai penunjang hidupnya. Daunnya berwarna hijau dengan bentuk memanjang. Akar-akarnya berwarna putih dan berbentuk bulat memanjang serta terasa berdaging. Bunganya memiliki sedikit keharuman dan waktu mekar yang lama serta dapat tumbuh hingga diameter 10 cm lebih.
3 Ada anggrek alam kalbar
anggrek alam kalbar
anggrek alam kalbar
Pontianak,- Anggrek alam atau anggrek species, merupakan bunga yang umumnya hidup secara epifit. Anggrek tersebut menempel di pohon dan tidak mengambil makanan dari pohon tempelannya. Seiring, berkurangnya areal hutan di Kalbar, baik karena illegal logging maupun kebakaran hutan, jumlah pohon yang dapat ditempeli anggrek menjadi menipis. Populasi anggrek alam Kalbar pun terancam.
4. ada kantong semar
kantong semar
kantong semar
Genus Nepenthes (Kantong semarbahasa InggrisTropical pitcher plant), yang termasuk dalam familiamonotypic, terdiri dari 80-100 spesies, baik yang alami maupun hibrida. Genus ini merupakan tumbuhan karnivoradi kawasan tropis Dunia Lama, kini meliputi negara Indonesia (55 spesies, 85%), Republik Rakyat Cina bagian selatan, MalaysiaFilipinaMadagaskarSeychellesAustraliaKaledonia BaruIndia, dan Sri Lanka. Habitat dengan spesies terbanyak ialah di pulau Borneo dan Sumatra.
Tumbuhan ini dapat mencapai tinggi 15-20 m dengan cara memanjat tanaman lainnya. Pada ujung daun terdapatsulur yang dapat termodifikasi membentuk kantong, yaitu alat perangkap yang digunakan untuk memakan mangsanya (misalnya seranggapacet, anak kodok) yang masuk ke dalam.http://tian17.wordpress.com/tau-ng9ak/

No comments:

Post a Comment