laman

Tuesday, January 3, 2012

Tempat Wisata Indonesia

kawah gunung tangkuban perahuTempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu – Masyarakat Indonesia pasti tidak asing lagi dengan gunung tangkuban perahu, karena Asal-usul Gunung Tangkuban Parahu sudah sering di ceritakan melalui stasiun TV Indonesia. Asal-usul gunung tangkuban perahu yang dikaitkan dengan legenda Sangkuriang, yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya, Dayang Sumbi. Gunung Tangkuban Parahu atau Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter.

gunung tangkuban perahu

Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang. Daerah Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya adalah 17oC pada siang hari dan 2 oC pada malam hari. Gunung Tangkuban Parahu mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Objek wisata di dalam Tangkuban Parahu terdapat 10 kawasan, antara lain Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Domas dan Kawah Jurig. Kawah-kwah ini terjadi akibat letusan Gunung tangkuban Parahu pada tahun 1829, 1846, 1910, 1926 dan 1929. Di kawah Ratu pengunjung dapat melakukan pendakian ke stasiun Geologi, yaitu stasiun pengawasan gunung berapi di bagian atas punggung gunung, atau turun ke bawah menuju Kawah Domas, yaitu salah satu kawah yang masih aktif mengeluarkan asap belerang. Berjalan menurun ke kawah Domas yang cukup melelahkan pasti akan memberikan pengalaman yang cukup mengesankan bagi setiap pengunjung. Dari Kawah Domas ini ada jalan setapak yang menembus ke tepi jalan raya.
wisata gunung tangkuban perahu

Keindahan Gunung Tangkuban Perahu dapat anda nikmati dengan membawa kendaraan anda hingga ke puncak gunung tersebut, tentu saja melewati pintu utama dan membayar tiket. Harga tiket Masuk Tangkuban Perahu dibagi berdasarkan kendaraan, tamu yang dibawa. Biaya tiket dibedakan antara turis domestik dan luar negeri. Disekitar Gunung Tangkuban Perahu Bandung terdapat hamparan Kebun Teh Bandung yang sangat indah dan asri, di kaki Gunung Tangkuban Perahu juga, terdapat Pemandian Air Panas Ciater, Bandung.
keindahan gunung tangkuban perahu

Hanya inilah uraian tentang tempat wisata gunung tangkuban perahu di bandung yang bisa saya berikan untuk anda, kalau ada tambahan tentang gunung tangkuban perahu langsung saja tulis melalui coment di bawah. Indonesia memang kaya akan tempat wisata, seperti taman laut bunaken, pulau komodo, danau toba dan masih banyak lagi.http://areaterbaru.com/tempat-wisata-indonesia.html

No comments:

Post a Comment