laman

Monday, March 12, 2012

Nikmati Udara Segar di Puncak Suroloyo

JaWPUnmftr Nikmati Udara Segar di Puncak Suroloyo
Nikmati Udara Segar di Puncak Suroloyo
PUNCAK Suroloyo yang merupakan obyek wisata di Kabupaten Kulonprogo, Provinsi DIY yang memiliki pesona keindahan sekaligus wisata yang mengandung banyak mitos dan mistik.
Tempat ini berada di puncak Bukit Menoreh, berjarak kurang lebih 45 km dari Kota Yogyakarta ke arah barat laut. Terletak di Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, dan masih bagian dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Dari tempat ini Anda bisa menikmati sejuknya udara perbukitan dan panorama indah yang menghampar dari perkebunan teh yang berada di bawahnya.

Pada pagi hari Anda bisa menikmati sunrise yang mempesona. Dan apabila Anda memalingkan muka ke arah utara Anda bisa menikmati keagungan Candi Borobudur yang megah.
Puncak Suroloyo kaya akan tempat-tempat mistis yang sayang bila Anda lewatkan. Selain Puncak Suroloyo, di tempat ini juga terdapat Tegal Kepanasan, Sendang Kadewatan, Sendang Kawidodaren, Pertapaan Mintorogo dan Pertapaan Kaendran.
Sejumlah tempat itu banyak dikunjungi peziarah yang berharap mendapatkan kemudahan dalam menjalani hidup, mulai dari masalah perjodohan, rezeki, hingga kedudukan.
Tempat ini memiliki tradisi rutin tahunan, yaitu memandikan pusaka yang diyakini bertuah (jamasan pusaka) tiap tanggal 1 Suro atau 1 Muharam. Pusaka yang diterima dari Kraton Yogyakarta itu berwujud tombak dan payung yang bernama; Tombak Kyai Manggolo Murti dan Songsong Kyai Manggala Dewo.
Dalam ritualnya, pusaka itu dikirab keliling desa sebelum dibawa ke Sendang Kawidodaren, tempat upacara jamasan ini berlangsung. Selain pusaka, kirab ini disertai pula dengan gunungan yang terbuat dari hasil bumi.
Kirab ini berlangsung meriah, karena selama dalam perjalanan aneka bunyian-bunyian dari alat musik tradisional pun juga diperdengarkan. Makna dari ritual ini adalah ungkap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan keinginan untuk terus tetap membersihkan diri baik secara lahir maupun batin.
gng3 Nikmati Udara Segar di Puncak Suroloyo
4013141863 e0c12cbb1f Nikmati Udara Segar di Puncak Suroloyo
akses+jalan+ke+puncak Nikmati Udara Segar di Puncak Suroloyo
4011019012 52c55a99c1 Nikmati Udara Segar di Puncak Suroloyo
Nikmati Udara Segar di Puncak Suroloyo

No comments:

Post a Comment