Setelah
rendang sukses menyandang predikat sebagai makanan terenak di dunia.
Kali ini cendol dan kelapa muda pun masuk peringkat 50 minuman terenak
di dunia versi CNNgo. Apa saja minuman terenak lainnya yang paling
digemari? Bangsa Indonesia boleh bangga, karena CNNgopada
hari Jum’at atau tepatnya tanggal 09 Desember 2011 resmi mengumumkan
dua minuman khas Indonesia yaitu Cendol (Indonesia) dan kelapa Muda
(Indonesia) sebagai minuman terenak di dunia. Kelapa muda menyandang
peringkat ke-19 minuman terpopuler dan paling disukai. Minuman yang
terbuat dari buah kelapa segar ini dikatakan sebagai minuman tradisional
asal Indonesia yang alami dan juga berasal dari bahan terbaik alam.
Selain itu Cendol (Indonesia) sendiri
menduduki peringkat ke-45. Minuman yang terbuat dari tepung beras dengan
rasa yang kenyal-kenyal enak ini menjadi populer karena rasanya yang
manis dan segar. Tambahan gula merah dan santan serta ditambah lagi
dengan irisan nangka membuat rasanya bertambah unik. Sedangkan posisi
pertama tentunya diduduki oleh air mineral sebagai minuman global dan
disusul oleh peringkat dua yaitu Coca Cola dari Amerika.
Minuman dari Amerika memang paling banyak mendominasi seperti :
Orange juice, Hot chocolate with marshmallows, Sex on the beach,
Gatorade, dll. Sedangkan selebihnya didominasi oleh minuman global
seperti bir, teh, air kelapa, dan red wine. Untuk lebih lengkapnya ini
dia 50 minuman terenak di dunia versi CNNgo:
1. Water, Global
2. Coca-Cola, United States
3. Coffee, Ethiopia
4. Beer, Global
5. Tea, Global
6. Air mata kucing, Malaysia
7. Orange juice, United States
8. Red wine, Global
9. Gin and tonic, England
10. Hot chocolate with marshmallows, United States
11. Sangria, Spanish
12. Watermelon cucumber punch, Global
13. Kool-Aid, United States
14. Pastis, France
15. Sake, Japan
16. Anything from a hotel mini-bar, Global
17. Lemonade, Egypt
18. White wine, Global
19. Es kelapa muda, Indonesia
20. Sex on the beach, United States
21. Eggnog, England
22. Gatorade, United States
23. Milk, Global
24. Raki, Turkey
25. Bubble tea, Taiwan
26. Irish car bomb, United States
27. Thai iced tea, Thailand
28. Chocolate milkshake, United States
29. Caipirinha, Brazil
30. Sparkling water, Global
31. Tequila, Mexico
32. Baileys Original Irish Cream, Ireland
33. Carrot juice, Global
34. Champagne, France
35. Yerba Mate, South America
36. Martini, United States
37. Cider, England
38. Mojito, Cuba
39. Scotch whisky, Scotland
40. Coconut water, Global
41. Raksi, Nepal
42. Shikuwasa juice, Japan
43. Fanta, Germany
44. Sujeonggwa, Korea
45. Cendol, Indonesia
46. Pina colada, Puerto Rico
47. Guinness, Ireland
48. Yakult, Japan
49. Red Bull, Austria
50. Mango lassi, India
Dan bahkan tidak menutup kemungkinan, nantinya ada lagi makanan dan
minuman tradisional khas Indonesia yang akan masuk ke daftar minuman dan
makanan terenak di dunia, karena di Indonesia banyak sekali ragam
makanan dan minuman yang belum tergali dan ternikmati. Contohnya saja,
minuman khas Jawa Barat yaitu bandrek dan bajigur
yang sangat cocok sekali dinikmati oleh mereka-mereka (bangsa-bangsa)
yang mempunyai musim dingin atau tingkat curah hujan yang tinggi. Selain
memberikan efek hangat untuk badan minuman tersebut memiliki manfaat
dan khasiat untuk kesehatan tubuh dikarenakan bahan-bahan dari minuman
tersebut terdiri dari bahan dasar herbal (alami) yaitu : Jahe (Zingeber Officinale Roxb)
yang memiliki khasiat untuk meredakan sakit kepala, encok, masuk angin,
gangguan pencernaan dan keseleo. Ditambah bahan dasar lainnya seperti :
Gula Semut (Arenga Pinnata, Merr) yang memberikan manfaat
untuk meredakan demam, sakit perut, susah buang air besar, dapat
menghilangkan noda diwajah serta peningkat energi para olahragawan.
Dengan manfaat dan khasiat dari minuman tradisional khas priangan
tersebut di atas, bangsa Indonesia harus yakin dan optimis bahwa
kuliner minuman tradisional tersebut dapat mampu berbicara di kancah
internasional dan dapat diterima oleh lidah bangsa-bangsa lain selain
bangsa Indonesia.http://hanjuang.com/minuman-tradisional-indonesia-terenak-di-dunia.html
No comments:
Post a Comment