laman

Tuesday, October 25, 2011

Hang Son Doong, Gua Terbesar Di Dunia Di Temukan Di Vietnam



13 orang asal Inggris yang tergabung dalam British Caving Team baru saja mengklaim menemukan sebuah gua terbesar didunia yang terdapat di Hang Son Doong Vietnam, gua ini sering di sebut Hang Son Doong atau Mountain River Cave.




Dalam ekspedisini ini di bantu oleh Hanoi University of Science, yang melaporkan bahwa Hang Son Doong mempunyai tinggi 198.12 meter dengan lebar 152.4 meter dan berarti gua ini dua kali lebih besar dari gua terbesar yang terdapat di Sarawak, Malaysia dengan nama Deer Cave yang mempunyai tinggi 91.44 meter dengan lebar 82.29 meter.


Ekspedisi ini memakan waktu 5 hari di taman nasional Phong Nha-Ke Bang, Vietnam di pertengahan bulan April 2009. Adam Spillane, anggota tim British Caving Team mengatakan "Ini benar-benar merupakan gua terbesar yang luar biasa dan merupakan salah satu gua yang pernah ditemukan oleh British Caving Team"


Dulunya gua ini juga pernah kedatangan tim ekspedisi lokal yang di pimpin oleh Ho Khanh di tahun 1991 yang di pandu oleh penduduk dari taman nasional Phong Nha-Ke Bang. Untuk mencapai gua ini tim ekspedisi terlebih dahulu menempuh hutan belantara selama 6 jam hingga mencapai mulut gua Hang Son Doong.


 
Gua ini mempunyai panjang 6.5 km dengan dinding yang terlapis oleh Calcite (Carbonate Mineral) yang mempunyai pajang 45 meter yang menempel di setiap dinding gua.

Sumber : www.dancewithshadows.com

No comments:

Post a Comment